#2 Belum Terlambat Untuk Berbenah Diri




Assalamualaikum teman-teman semua :') setelah ribuan purnama akhirnya saya diberi kesempatan untuk menulis lagi, beberapa bulan sebelumnya saya sempat menulis tentang "belum terlambat untuk berbenah diri" dan saya ingin membahas tentang menikah wkwkwk tp sebelumnya saya masih ingin melanjutkan sedikit tulisan tentang berbenah diri. hha

dipostingan sebelumnya saya udah menuliskan tentang IMO, disatu sisi IMO membuat saya sangat amat bersyukur dengan nikmat yang Allah beri, disisi lain IMO semakin menyadarkan saya akan istidraj. saat itu saya belum terlalu mengerti apa itu istidraj.



kala itu saya masih kuliah, dipenghujung S1, ya skripsi atau di FK ULM kami menyebutnya KTI. waktu menjadi agak luang, yang sebelumnya siang dan malam saya mengabdi untuk kampus, organisasi dan lomba-lomba, karena sudah semester tua akhirnya saya sangat merasa kekosongan. hampa. saya sudah mulai berfikir ingin memperdalam agama, dikampus saya cuma ikut ngaji sekali seminggu (seperti yg saya jelaskan pada postingan sebelumnya) dan saya merasa kurang hmmmmm

tiba-tiba saya kontakan dengan teman SMP saya, yg cukup dekat "R" yang masyaAllah saat ini dia sudah berubah menurut saya, saya selalu iri dengan orang-orang yang mampu taat beragama sedangkan saya masih sibuk dengan dunia, tdk ada angin tdk ada hujan kami tiba-tiba ingin bertemu, haha disisi lain banyak pihak menentang pertemuan kami, takut saya ikut aliran aneh2 katanya, lalu menjadi tidak asik dan gaul lagi, Alhamdulillah saya sangat bersyukur karena tetap bertemu, hahaha yaa tentu saja pertemuan itu saya manfaatkan untuk bertanya sedalam-dalamnya, bahkan hal2 tabu sekalian.

Hal yang saya diskusikan kala itu adalah hal sedang buming yaitu diusirnya ust. Khalid Basalamah ketika ingin dakwah di Banjarmasin, jujur waktu itu saya blm tau siapa beliau, dan tiba2 beliau terkenal dg berita miringnya.

Dan masyaAllah, Alhamdulillah, saya menjadi kepo tentang beliau, namanya juga internet, pro dan kontra tetap menghiasi, dan saya mulai dari mencari2 apa itu wahabi, sampai akhirnya saya buka ceramah di youtube dan masyaAllah sebegitu menenangkannya apa yg diajarkan oleh beliau, ini tentang menegakkan tauhid dan menghidupkan sunnah, memurnikan ajaran agama, tidak ada unsur kebencian dan terorisme menurut saya. Saking banyaknya vdeo yang saya tonton, akhirnya saya kecanduan alhamdulillah.

Diskusi ini berjalan lancar, hal2 yg sering saya browsing diinternet sedikit banyak dijelaskan oleh teman saya itu. Meski jauh dari kata sempurna, menurut saya pertemuan kami membawa manfaat dan semakin menguatkan niat untuk semakin memperdalam agama, hal yang seharusnya saya lakukan sejak dulu, untungnya Allah masih beri umur :') alhamdulillah

masih dalam waktu nongkrong, dan adzan, teman saya mengajak kemesjd untuk solat, hmm hal yg tdk pernah saya lakukan sblmnya, mengakhiri waktu nongkrong karna solat :")  singkat cerita kami solat dimesjid terdekat, lalu melanjutkan jalan2 dan diskusi sambil makan2, pulangnya saya diantar, adzan lagi lalu akhirnya solat drmh saya, krna sudah terlu sore teman saya pamit pulang, dan tentu saja "no pic hoax" , berfoto, ya agenda yg dulunya tdk terlupakan adalah berfoto, entah kenapa serasa ingin mengimbangi, saya ambil lah jilbab terpanjang yg saya punya, meski memakainya blm sempurna dan berot2, rasanya ada kepuasan tersendiri, saya merasa terlindungi, wess wkwk



Pertemuan kala itu berlanjut, saya minta diajak kalo dia pergi ngaji (dgr ceramah2 gt), oiyaa saat itu saya statusnya msh berpacaran hehe, teman saya tau, iya dia mmbritau hukumnya dan konsekuensinya, tp sgala ssuatu keputusan dtangan saya tdk pernah ada paksaan dan intervensi ttg hubungan saya, dan saat itu blm ada keinginan putus, yg ada sy ingin membagikan ilmu yg didapat kepacar saya (?) hmmmmm

Oke, jd biasanya kami nongkrong di masjid hassanuddin, haha seperti manusia alay pada umumnya, saya suka apdet, hhi :3 astagfirullah, lalu mucullah komen si fulanah, teman saya cewe yang baru putus dari pacarnya dan sempat mengajak saya berhijrah, dia minta diajak ngaji juga, tapi request cari tempat ngaji yang didaerah pal 6 supaya gajauh dari rumahnya, hm what ngerepotin juga ni anak -____- saya bingung, sy blm tau banyak seputar tempat ngaji, dan saya ingat, saya punya seorang teman yg sdh banyak belajar agama sekilas menurut saya, yg tidak kalah sy kagumi dan iri juga karna perubahannya, "S" , saya ingat dia prnah cerita sering ngaji di pal 6, pass langsung lah saya mengontaki dia dan alhamdulillah responnya sgt welcome. Dia bilang kapanpun saya mau.

Kala itu, rabu malam kamis. Ya, saya, fulanah dan "S" sdh janjian ke kajian, dan agak kesal trnyata si fulanah mengcancel karna dapat pacar baru (?) whatttt, sisalah saya dan "S" teman saya, sbnrnya hari itu saya krg mood buat kemana2, tp krna ga enak sdh janjian ysdh pergilah saya, dijemput oleh teman saya itu, saya waktu itu pakai baju gamis pink, jilbab hitam sedada, kaus kaki semata kaki yahh yg menurut saya itu pakaian terislami yg prnah saya pakai.

Diperjalanan saya ngobrol, menanyakan soal knp mengaji ketempat sejauh ini (?) kenapa harus pakai baju seperti ini, kenapa bercadar? Kenapa ini, kenapa itu, lalu teman saya mencoba menjelaskan blablabla hingga akhirnya dia bilang nanti coba rasakan sendiri.

Betul sekali, hal yg pertama saya rasakan ketika sampai di mesjid itu adalah, bingung. Bingung knp aku berbeda ayah (?) baju pink cemerlang diantara baju2 gelap serba tertutup, pembatas laki-laki dan perempuan sgt dijaga, semuanya memegang pulpen dan buku, kitab2 terbuka, ada rasa takut dan was2 disana tp lebih banyak rasa kagumnya, saya berdoa, semoga saya ga diajari ilmu sesat, semoga habis ini ga ada bom.

Waktu berjalan, saya msh kurang memahami apa yg terjadi, dan saya akhirnya menarik kesimpulan sendiri, tempat ini adalah tempat dimana para penceramah mencari ilmu (?) jd mereka mendatangi tempat ini untuk berguru (?) mereka catat materinya lalu nanti dikampung2 disebarkan (?)

good nadia kesimpulan yang salah :) hahahahaha karna sesungguhnya saya tdk pernah melihat org2 belajar ilmu agama seserius ditempat ini, semua sangat ilmiah, alquran dan hadist djabarkan sangat rinci, tdk ada guyonan berlebihan, rupanya saya yg selama ini terlalu sibuk dengan ilmu dunia, berani tidak tidur, tidur diatas buku demi menguasai ilmu duniawi :"( sementara untuk mengetahui ilmu akhirat, hanya sekilas, astagfirullah, tp saat itu saya blm sadar hehe jd masih menganggap tempat ini adalah tempat yg asing, hehe

Malam itu membahas kitab tauhid, yg saya juga gatau apa, teman saya punya 2 bukunya, 1 nya dikasihkan ke saya, dan.. ya tema malam itu adalah "istidraj" membahas tentang "makar Allah", membahas tentang apa saja ajab2 yang akan terjadi kepada org2 yang istidraj, dan :) saya merasa benar2 istidraj selama ini :" 


Malam itu saya menangis, tiba2 menangis, menangisi dosa dan ketakutan saya dengan pembalasan Allah, entah itu didunia atau diakhirat nanti, yang paling saya takuti adalah sesuatu yang buruk menimpa org2 yg saya sayangi karna dosa2 saya, apalagi menimpa mama, satu2nya harta paling berharga yg saya miliki, saya juga takut diakhirat berpisah dengan mama, mama disurga sedangkan saya dineraka, atau yg lebih parah lagi dosa2 saya malah menarik mama keneraka, naudzubillahimindzalik :"

Saya yg tadinya bingung, jadi diam, teman saya melihat saya menangis dan memusuti pundak saya, dia cuma senyum.

Lalu saya bingung lagi, karna adzan isya sdh berkumandang, disana juga adzan tp setelah itu tidak langsung solat, saya tanya teman saya lalu dijelaskan alasannya, meski blm masuk dalam otak saya yg kebanyakan bingung dan serba bingung, saya menelan saja. Materi dilanjutkan, saya terdiam dan sedih lagi.

Saya mulai berfikir, mulai mana membenahi semua ini, tadinya yg saya anggap hidup saya hampir sempurna dengan prestasi dunia, mendadak hancur dan merasa tidak punya apapa.

Kajian selesai dan saya bingung masih bingung, solat bingung, mana orang2 langsung solat, saya harus pasang mukena krna bajunya meskipun gamis tp mayan ketat, lalu kaus kaki super pendek, jalan sedikit tersingkap, ya saya pasang mukena pink yg memang saya bawa dari rumah. Mukena pink diantara orang2 baju gelap ini, ayah mengapa aku berbeda lagi ayah (?) :") hehehe

Diperjalanan saya banyak diam, krna merasa banyak dosa, ditanyain teman km kenapa? Saya bingung memperbaiki diri dari mana hehe saya mau kaya km jugaaa hehe
Nad, coba km perbaiki dari hal2 yg sehari2 yg wajib km lakukan, solat?

Hm itu dia solat saya benar2 cacat :" padahal itu adalah kewajiban, amalan yg pertama dihisab, ya saya berniat mau belajar solat dari awal lagi, bacaan2 dan gerakan sesuai tuntunan nabi muhammad, bismillah dalam hati saya wkwk

Guys,, saya mengantuk, izin pamit nanti saya tulis lagi ya episode 3 nya wkwkwk
Mohon maaf apabila banyak salah, semoga bermanfaat :') aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com