Tentang Derawan dan Kenangan

hay, assalamualaikum. Judul nya alay banget, terlalu mendramatisir. Cuma pengen share aja sih tentang one of amazing holiday ke derawaaaaan.
Jadi, setelah melihat postingan sebelumnya, pasti kalian udah tau siapa itu amuba :") duh kenapa mau mewek ya :( amuba adalah kumpulan sosok orang-orang yang berarti dalam hidup saya yang dikemas dalam kata keluarga tanpa ikatan darah :)

setelah melalui pahit manis kehidupan bersama, sejak masa pendidikan selama 6bulan, masa belajar selama 6 bulan sampai kepengurusan kurang lebih setahun :") finally we can show to the world siapa kami, tentunya dengan izin dan bantuan Allah. Selama setahun kepengurusan banyak banget program kerja dan pencapaian yang dilakukan, hingga kami di akhir kepengurusan memutuskan untuk liburan sebagai tujuan utama hidup setelah lepas masa jabatan wkwkwkwkwkwk beruntung kami punya "tabungan" yang kami percayakan kepada kikur as bendahara buat mengelolanya. Finallyyyy derawaaaan, we're cominggg

Kalo seandainya aku nulis ini setahun yang lalu pasti bakalan banyak drama cinta disini, untunngnya nulis sekarang jadi gapake cinta2 an wkwkw kandas dah dan alhamdulillah Allah gantikan dengan yang lebih baik :)

oke cekidot, aku lupa tepatnya hari apa aku lupa, yang jelas kita hari itu kumpul drmh ijul pake baju nuansa putih. Siap2 mau berangkat pake bis yg udah disiapin. Oke kita b20, (ebah selalu dihati) udah sepakat go to derawan, sebagai anak2 backpakeran, dipandu oleh pemandu yang winda temukan di instagram lalu kami ketemuan disebuahtoko bunga ternama di banjarasin dan ACC dan akhirnya kami berangkat dari bjm ke bpp naik bis, waktu perjalanan nya gatau pastinya yg jelas dari sore jam 6 goo sampe bandara bpp jam 7an pagi, trus dri bpp ke berau naik pesawat. Nunggu di airport dlu ngegembel, cuci muka bersih2 diri wkwk dan sekitar jam 12 baru terbang ke berau, wkwkw
hal berkesan dalam perjalanan ini adalah panat banar naik bis berjam2, wkwkw kami sempat mampir disebuah terminal antah berantah dimana kikur bertemu dengan keluarganya dan diberi pesangon berupa rambutan sekarung wkwk rambutan itu akhirnya dibawa kemana2, dan saat kami menggembel di bandara balikpapan, kikur dengan sikap keibuannya membagikan raup demi raup rambutan untukkami mkan, seperti anak ayam yang diberi bama, kami memakan rambutan itu dan rambutan sekarung itupun lenyap dari hadapan wkwkwk

dari balikpapan menuju berau menggunakan pesawat kecil, kami ber20 terpisah menjadi 2kloter, bukan karena pesawatnya ga muat tapi emang karena pas pesan tiketnya terpisah wkwk
sekitar pukul2 siang tibalah kamisemua di berau, sesampainya di berau kami solat dan makan siang, kemudian melanjutkan perjalanan indah menuju pelabuhan lupa namanya, sepanjang perjalanan pemandangannya sangat menyejukkan, jalanan berbukit2 naik turun,samping pepohonan hijau, angin sepoy2,wah benar2 nikmat allah.

Sekitar pukul 5 sore kami sudah menginjakan kaki di pelabuhan, kami disambut oleh hembusan angin dan gemercik ombak wkwkwk tapi kapal lawas banar baru datang :”( kami harus menunggu, dan menyaksikan mata hari tenggelam dipelabuhan yang indah itu.  Kapal telah datang namun hari sudah malam,dalam hati aku padahal sangat takut naik kapal gelap gulita, tapi punya teman2 gila kaya amuba membuat rasa takutnya sedikit sirna wkwk

Kapal benar2 gelap, dan ombak cukup tinggi, berkali2 aku berteriak, dan ada juga teman yang lain menyambung teriakan, sisanya?mentertawakan wkwkwk hingga ada suatu gelombang yang membuat kami hening, dan saat itu aku benar2 ingat mati wkwk rasanya kan lucu kalau tiba2ada berita 20anak tenggelam saatliburan,naudzubillahimindzalik. Hening hanya sementara kemudian suanasa kapal ricuh lagi, padahal menurutku malam itu benar2menakutkan tapi kawananku kenapa b aja kwkwk antara aku yang lebay atau mereka kd punya rasa takut sama skaliwkwkwk

Dari kejauhan sudah nampak secerca cahaya, yaa kami hampir sampai dipulau derawan,salah satu dari beberapa pulau di kepulauan derawan. Malam itu derawan sangat cantik, masyaallah, tidak henti2nya kami semua mengagumi tempat itu.

Dipenginapan
Pulau itu merupakan pulau dengan penduduk yang jumlahnya cukup untuk seonggok pulau. Ditepi laut banyak resort2 untuk penginapan pengunjung, di rumah warga juga banyak penginapan.kami menginap di? Hahahaha tebak saja wkwk

Ada 5 kamar yang kami dapat, 3 untuk perempuan, 2 untuk laki-laki.3kamar mandi untuk bersama wkwk sesampainya disana, yaiyalah berabut kamar mandi, ada yang langsung terlelap dan ada yang memilih main uno. Setelah semuanya mandi, hidangan makanan datang, yaaa khas sekali, makanan laut, ikan bakar, gatau ikan apa tapi enak.
Setelah makan ada yang melanjutkan tidur karena kelelahan, ada yang melanjutkan main uno, dan ada yang hunting foto. Aku? Yadong aku dulu sangat senang foto, wkwk tidak merelakan satu momenpun terlewat tanpa fto, hahaha menikmati derawan dimalam hari sampai benar-benar lelah, lalu aku dan tim hunting foto kembali, dan beristirahat.
Besoknya, saat aku membuka mata, separo kawan ku tidak ada di tempat, yaaa !! mereka curi start, subuh buta, mengejar sunrise. Wwkwk tanpa fikir panjang aku langsung bergegas menyusul supaya bisa dapat sunrise juga hahahaha

Jam 9 pagi hidangan siap disantap,setelah makan kami siap2 mau memulai petualangan. Kapal yang akan membawa kami bertualang mengelilingi kepulauan derawan telah datang, 20anak belum mandi kegirangan berlari menuju kapal, hahaha

Pulau pertama, maratua island
aku dan teman2 berdzikir aja pang terus disini, ga ada obatnya lagi, seumur hidup, maratua adalah tempat dan pemandangan terindah yang pernah ku nikmati. Pasir putih, pepohonan hijau, laut dengan degradasi warna warni, vila diatas air, kapal2 seakan2 melayang saking airnya bening kaya kaca. Ya Allah,ada tempat didunia seindah ini, apalagi surga :’)
kami disana berlari, bermain keramian kaya anak TK lepas dari mama dan gurunya,berfoto2 pastinya wkwkkwkw

pulau kedua, kakaban island
pulau ini juga indah sekali, disini aku dan teman2 nyemplung 2x. Pertama kami masuk kedalam pulau,berjalan beberapa meter dan menemukan sebuah danau hijau nan jernih. Dilengkapi dengan ubur2 baik dan tidak berbahaya, ubur2ny bisa ditangkap kemudian dilepas lagi. Langsung lah aku dan teman2 bercebur :’) bermain sampai bosan lalu kami keluar. Tepi pantai, air nya mengkilap2 terpantul cahaya matahari,benar2 seperti kaca, tidak tahan, tidak peduli terik, aku nyebur lagi wkwkwkwk menikmati pemandangan bawah laut,ikan terumbu karang,ya Allah surga dunia hahaha lalu aku menemukan ikan yang sudah mati, bentuknya menyerupai anak hiu,dan aku kebuliangan, takut kalo ada mami shark dudududududu

pulau ketiga, sangalaki island
pulau yang benar2 seperti foto pemandangan alam. Disini kami bermain kura-kura2 yang lucu :’ tapi tidak dibawa pulang. Bermain sampai lelah, dan sangat lelah :”)

hari sudah sore, kami pulang menuju pulau derawan, dan antri mandi lagi. Wkwkkw setelah sudah bersih semua, kami makan malam, kali ini menunya nasi goreng wkkwkw setelah makan, kami meyewa ssepeda, naik sepeda bergoncengan WKWKWKWKWK menguasai jalan seperti geng motor, mengelilingi pulau derawan sampai mampus, akhirnya stak kekuburan, dan kami bebulik wkwkwk derawan juga menyimpan cerita horor, tp aku tdk ingin tau hahaha

besok pagi,para pencari sunrisekembali beraksi. Aku juga wkwkwk pagi itu sebagian ada yang kembali menyewa sepeda,menikmati kampung derawan dipagi hari dan jajanannya. Aku sukaaa jajan yeayyyy !!! siangnya kami bersiap-siapmelanjutkan perjalanan

pulau ke empat, gusung island
pulau polos, kosong, tidak ada apapa, tapi indah. Pasir putih timbul ditengah2 laut.disini aku benar2 merasa kecil, dunia sangat besar , dan Allah maha besar. Kami bermain2 dan berfto2 ria menciptakan kenangan masing2 wkwkwkkwkwkw sampai lelah kami kembali kepulau utama,

pulau derawan, pulau dimana kamu bisa melihat kura-kura dewasa berjalan dibawah air. Terumbu karang yang beauty beudss, yaaa kami bercebur dan it’s time for snorkling again. Sampai mabuk tertelan air asin, sampai matahari mau tenggelam, baru kami berhenti bermain.

Dan lagi, antri mandi wkwkwkwkwk malam itu adalah malam terakhir makan bersama dipulau yang indah :’) setelah makan, malam itu kami semua main uno, dan yang kalah, harus dcoret dengan lipstik dan tidak boleh dhapus sampai besok, hahahaa aku kalah tarus, sialan wkwk gpp coret saja,melihat kalian bahagia, akupun bahagia
Hari ke3, salah satu dari kami ada yang berulangtahun CIYEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
Dan kami merayakannya, so sweet kan wkwkwkk kebahagiaan itu bercampur aduk dengan rasa gugup karena kacamata adit yang hanyar dan larang banar itu tegugur kedasar laut :”) panik wkwk lalu ada yang berlari ke penyewaan alat selam, dan dengan hanya bermodal kacamata renang, satu orang dari kami terjun menyusuri laut yang jernih itu, TADAAAAAAAA, kacamatanya dapat wkwkwk kami kembali kepenginapan dengan perasaan riang gembira.

It’s time to say goodbye for this beautiful place,
Kapal sudah menjemput kami harus pulang,jangan tahan kami, kami juga sebenarnya ingin lebih lama, tapi apa dikata :’) takdir memisahkan kita,bye wkwkwk singkat cerita sampailah sudah di bandara berau, dan yaaaa benar sekali, delay nya lama sekali, darisekitar jam 3an sampai jam 9an, dan kami dapat hadiah nasi putih + telur masak habang,wkwkkw benar2 tidak sebanding. Hahaha tapi karena bersama mereka,delay pun jadi menyenangkan, bandara seperti basecamp,berbaring sana sini, dan,,,main uno wkwkwk

Pesawat datang dan kami pulang :’)
Eh kada deng, baru ingat, kami satu hari bermukim di balik papan, disebuah penginapan, menikmati kota balik papan dimalam hari, dan menikmati mall balikpapan siang harinya hahahaha sempat2 ja ada saudari ku merajut cinta dibalik papan, bertemu dengan pujangga, bahagia sekali ya wkwkw

Waktu berlalu, akhirnya sampai di tempat bis kepulangan, pulang naik bis penuh drama lagi, berebut tempat sama om preman, trus ada penumpang yang bawa motor kedalam bis gila aja, sempat adu mulut, horor, terus sempat ditinggal bis waktu di kapal penyeberangan aku masih dtoilet, dan kapal udah sampai, gila hidup kebanyakan drama. Finally pulang dengan kaki pitting edem karena cairan yang menumpuk kelamaan duduk, wkwkwk

Derawan :”)
Terimakasih sudah membuat banyak kenangan :”)

*btw maaf foto2nya Cuma gini yg bisa dishare, saat itu menutup aurat blm benar, fotonya jadi koleksi pribadi saja,untuk dikenang glhahahahaha